• KELAS INSPIRASI TRENGGALEK #4: SDN 4 WATUAGUNG



    Jeng. Jeng. Akhirnya anggota rombel SDN 4 Watuagung tatap mata secara langsung di Balai Desa Kedunglurah Pogalan. Anggotanya adalah (1) Panitia lokal : Bunga, Indah, Desyy, Esty dan Yuslim, (2) Relawan pengajar: Yunari, Imas, Wiwin, Darus, Elfira dan Maksum, (3) Relawan dokumentator: Slimin, Any, Nandy dan Ilutdh. Ada kejadian unik waktu awal ketemu, Kak Nandi dan Kak Yuslim membahas seseorang perempuan bertopi hitam dengan paras yang cantik di grup WA ternyata perempuan itu adalah Kak Yunari anggota se-rombel. Ketahuan kalau dia anggota se-rombel karena setelah acara pembukaan HI, dikelompokkan ke masing-masing rombel. Hahaha. Pengelompokkan masing-masing rombel bertujuan untuk saling kenal, dan pembahasan pemberangkatan rombel dengan hasil dua kloter pemberangkatan. Kloter pertama menikmati indahnya sunset di Watuagung sedangkan kloter kedua menikmati gelapnya malam.

    Malam hari di Watuagung, kami bercerita tentang apa yang dilakukan keesok harinya dengan hidangan khas desa, makan malam dengan lauk tongkol super pedas dan kopi. Uhhh enak dan keseruan itu membangun chemistry diantara kami. Oh iya, kami bermalamnya di SDN 4 Watuagung. Ternyata beberapa anggota Rombel kami, ada yang bisa melihat makhluk halus disekitar sana. Anehnya itu bukan membuat kami takut tetapi membuat keseruan untuk dibahas lebih lanjut. Tak terasa malam semakin larut dengan dinginnya semilir angin Watuagung. Kami memutuskan untuk tidur dan keesok harinya sepakat untuk merasakan nikmatnya sunrise. Ternyata apa yang kami sepakati melihat sunrise hanya dalam mimpi karena kami mbangkong.

    Jeng. Jeng. Waktu inspirasi pun telah tiba. Dengan senyum kami yang menawan serta doa bersama, kami siap menginspirasi siswa-siswi di SDN 4 Watuagung. Tak lupa kami berkoordinasi dengan guru SDN 4 Watuagung yang diwakilkan oleh Pak Suroto. Saat upacara acara berlangsung, kami disambut dengan nyanyian yel-yel, serasa urat nadi kami merinding terharu. Seperti biasa acara upacara dimulai sambutan pihak sekolah dan rombel yang diwakili Kak Nandi, dilanjutkan perkenalan anggota rombel. Di acara inti upacara, siswa-siswi SDN 4 Watuagung menampilkan tarian Turangga Yaksa sebagai tarian khas Trenggalek dan kami ikut tarian tersebut dengan suka cita. Wah panitia lokal mengenalkan budaya ke relawan dari berbagai daerah, Is wonderful Trenggalek guys.

    Waktunya menginspirasi. Siswa-siswi masuk ke dalam kelas masing-masing. Oh iya, ada salah satu kelas 2 yang mempunyai kebutuhan khusus sebut saja Hero. Kakak-kakak relawan pengajar masuk kedalam kelas, relawan dokumentator siap untuk mendokumentasikan kegiatan sedangan panitia lokal siap membantu yang diperlukan. Acara inti Inspirasi tidak kami ceritakan guys, intinya “sangat menginspirasi”. Kalau tidak percaya silahkan gabung menjadi panitia lokal Kelas Inspirasi Trenggalek #5 guys. Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 16 September 2018.

    Oh ini sedikit penggalan kata inspirasi yang membuatmu baper, bukan hanya cintamu kepada dia yang perlu dicari melainkan perlu mencari minyak bumi sebagai energi untuk cintamu kepada dirinya.  Haduuuuuuhhhhhhh.

    Pada Kelas Inspirasi Trenggalek #4 memiliki konsep yang sedikit berbeda dari sebelumnya yaitu adanya permainan Tradisional di kegiatan Inspirasi. Ada 3 permainan tradisional yang kami lakukan yaitu (1) Cublak-cublak Suweng yang bertujuan mendekatkan indahnya kebersamaan dalam permainan. (2) Gobak Sodor yang bertujuan kerjasama tim, kecepatan, keakuratan dan kemenangan. (3) Ular Naga yang bertujuan keseruan nyanyian dalam permainan. Konsep yang sedikit berbeda ini membuat kesan tersendiri untuk relawan dan siswa-siswi. Setelah kegiatan inspirasi di kelas, siswa-siswi menuliskan cita-cita mereka didalam kertas kemudian ditempelkan pada banner. Ada cerita yang mengharukan disini, dimana saat Hero menempelkan cita-citanya menjadi polisi. Meskipun dia memiliki keterbelakangan tetapi tidak putus asa untuk meraih mimpi yang dicita-citakan. Ah lagi-lagi moment yang mengharukan.  “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”QS 13:11

    Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, tak cukup rasanya satu hari memberikan inspirasi anak-anak untuk punya masa depan lebih baik. Karena kami harus bangun mimpi-mimpi dan harapan mereka kedepannya. Kami semua menuju ke halaman sekolah untuk melakukan perpisahan. Upacara perpisahan pun berlangsung, dimulai dengan kesan-pesan relawan serta perwakilan dari sekolah terhadap jalannya kelas inspirasi. Air mata, senyuman dan pelukan erat antar siswa dengan relawan menjadi pemandangan. Seperti biasa, kami berkumpul untuk berfoto bersama dan melemparkan holly powder ke awan sebagai langkah simbolis perpisahan.. Terima kasih banyak buat pihak sekolah SDN 4 Watuagung,  para Inspirator yang sangat menginspirasi, dan panitia lokal Kelas Inspirasi yang telah berjuang dengan keras. Semoga usaha kita buat anak-anak akan sangat bermanfaat. Aamiin

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Pendaftaran Relawan Kelas Inspirasi Trenggalek #5

    ADDRESS

    -8.049036, 111.709201

    EMAIL

    inspirasi.trenggalek@gmail.com

    MOBILE

    April 0856 0460 0024,
    Jihan 0856 4915 9822