[KLIK DISINI] PENGUMUMAN RELAWAN PENGAJAR DAN DOKUMENTATOR KIGA #5

Kelas Inspirasi Trenggalek

Giat Literasi, Raih Mimpi

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka.

Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.

Me

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan dunia sekolah. Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi

Sukarela

Semua pihak yang terlibat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kerelaan hati.

Bebas Kepentingan

Kegiatan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat pegiat bekerja.

Tanpa Biaya

Tidak ada biaya, baik yang dipungut dari relawan, sekolah atau siapapun. Tidak juga melibatkan pendanaan dari perusahaan atau lembaga lain.

Siap Belajar

Bersikap terbuka dan saling belajar, baik sekolah, pegiat/relawan dan semua pihak yang terlibat.

Ambil Bagian Langsung

Para pegiat dan juga pihak sekolah selalu siap turun tangan langsung, fokus pada aksi dan dampak bagi siswa dan kemajuan sekolah.

Siap Bersilaturahmi

Terbuka untuk membangun silaturahmi baik relawan maupun sekolah.

Tulus

Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri relawan, bukan tentang pengurus sekolah, tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri demi menyonsong cita-cita mereka.

0
kelas inspirasi
0
sd sasaran
0
relawan terlibat
0
murid terinspirasi
  • Kelas Inspirasi Trenggalek #4: SDN 3 Margomulyo

    Kelas Inspirasi Trenggalek #4: SDN 3 Margomulyo



    “Siapakah orang yang paling bahagia? Orang yang membuat orang lain bahagia.”
    @NUgarislucu


    Saat itu, 30 Maret 2018. Setelah briefing akbar kami bersama-sama menuju ke Zona Inspirasi yaitu SDN 03 Margomulyo. Dengan mengendarai motor kami menuju ke tempat Bapak Lurah Margomulyo, dimana nanti kita akan menyusun strategi untuk pelaksanaan hari inspirasi sekaligus bermalam disana. Terimakasih kepada Bapak Lurah yang telah menampung dan menyediakan tempat yang aman dan nyaman untuk kami, rombel SDN 3 Margomulyo yang terdiri dari lebih dari 10 orang ( sebagian datang langsung pas hari H soalnya ). Sebenarnya sih lengkapnya ada 15 orang, aku sebutin deh. Relawan pengajar, ada Kak Ayuani, Kak Devid, Kak Yoga, Kak Pram, Kak Mega. Relawan dokumentatornya ada banyak, Kak Andi, Kak Ahmed, Kak Aim, Kak Andrias, Kak Umam, Kak Yulia, Kak Ilham. Fasilitatornya gak kalah kece, ada Kak April, Kak Elmi, Kak Safitri, Kak Suwanto. Karena Kelas Inspirasi Trenggalek #4 di kecamatan Watulimo yang banyak akan pantainya,  sore hari kita menyempatkan pergi ke Pantai Prigi, 360 bro. Yaaa… itung-itung jalan-jalan sambil nyunset. hehee

    Pagi hari, 31 Maret 2018 kami bersiap-siap menuju ke SDN 3 Margomulyo. Kita antri mandi dari subuh. Wkwkwk. Sedikit membuka aib, kita pergi ke sekolah tanpa sarapan waktu itu. Wkwkwk karena ada sedikit salah paham (maaf curcol). Tapi meskipun hanya mengisi perut dengan air putih dan roti yang di dapat dari briefing kemarin, kita semangat untuk tetap menginspirasi adik-adik di SDN 3 Margomulyo. Bismillah.. acara dimulai dengan upacara, kemudian masuk ke kelas masing-masing. Para Relpeng dan reldok bersiap untuk menggunakan senjata andalannya. Kakak-kakak relpeng menginspirasi sesuai dengan profesi masing-masing, kakak-kakak reldok mengabadikan setiap momen yang ada, kakak-kakak fasil membantu setiap pelaksanaannya jika masih ada yang kurang.

    Kelas Inspirasi Trenggalek #4 mengambil tema “Mengukir mimpi anak pesisir” dan menyisipkan  Permainan Tradisional, kami diharuskan memainkan permainan tradisional di zona inspirasi. Di kelas, kakak relawan pengajar juga menyelipkan permainan tradisional. Ketika istirahat, kami bermain permainan tradisional di lapangan bersama adik-adik. Semua tampak happy !! heheee. Lelah, letih, lesu, lunglai saat itu rasanya telah tertutupi. Kami bahagia bisa melihat tawa lepas anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa ini. Dua kata, ‘KAMI BAHAGIA’. Setelah semua telah dilaksanakan, mau tidak mau, suka tidak suka, memang kami harus pamit undur diri dihadapan keluarga besar SDN 03 Margomulyo. Terima kasih, SDN 03 Margomulyo telah mengijinkan kami untuk menginspirasi, dan  terimakasih untuk salak dan dukunya. Hehee, buanyak ( dipangan 7 dino ga entek ). Alhamdulillah… meskipun banyak yang pengen duren sih sebenarnya. Hahaa ( duren e beli sendiri wae. Wkwkwk )

    Dari zona Inspirasi, kami langsung menuju ke kantor Kecamatan Watulimo untuk mengikuti Refleksi (rencananya). Realitanya, kami mampir dulu ke tempat Pak Lurah untuk Istirahat. Saking asyiknya, kita jadi malas untuk pergi ke tempat refleksi. Hahaaa… sampai-sampai, salah seorang panitia, yang berinisial ‘Mbak Dallin’ datang dengan wajah menyeramkan. Ia meminta kita untuk segera berangkat ke tempat refleksi. Okelah !! budal !!! Saat refleksi.. emmmm.. gausah di ceritain deh ya. Nanti kepanjangan. Wkwkwkw. Wis bar iku, kita kembali ke rumah Pak Lurah, beres-beres sama pamitan untuk kembali ke habitat masing-masing.

    Satu hari memang bukan waktu yang lama, tapi satu hari kali ini sangat berkesan dan tak akan terlupakan. Terima kasih telah meyempatkan waktu disela kesibukan untuk menginspirasi adik-adik Trenggalek.

  • Kelas Inspirasi Trenggalek #4: MI Muhammadiyah Dukuh

    Kelas Inspirasi Trenggalek #4: MI Muhammadiyah Dukuh



    Duduk ditemani secangkir kopi, mendung juga menemaniku untuk mengingat kegiatan beberapa waktu lalu. Apalagi jika bukan Kelas Inspirasi, tapi KI kota mana ya yang bakalan aku ceritakan? So pasti yang bakalan aku ceritakan adalah Kelas Inspirasi Trenggalek dong hehehe

    Dari tahun ke tahun, kota ini selalu menarik perhatian aku entah itu dari segi wisata ataupun kulinernya hahahhaa. Dan ketika aku mendapat info tentang open recruitment pengajar dan dokumentator pastinya aku antusias banget dong padahal belum tentu lolos ye kan? Wkwkwk

    Kumulai mengisi form yang terlampir, hingga tersubmit dan tinggal menunggu waktu pengumuman aja. Hampir 1 bulan aku menunggu pengumuman dan finally tiba tanggal pengumuman. Satu per satu kulihat nama-nama relawan yang lolos and then ada nama aku dong disitu, kebayang kan yang sudah aku siapkan jauh-jauh hari akhirnya bisa terwujud dan pastinya seneng banget.

    Tiba saatnya pembagian rombel, lah lah lah kok rombel isinya orang-orang gesrek? Hahahha…tapi aku bahagia sih dapat rombel kek mereka ☺ dan di rombel ini aku diamanahi sebagai ketua rombel, hmm hmm hmm. Virmeet demi virmeet kita lakukan, diawal perjanjian virmeet dimulai pukul 20.00 hingga 22.00 eh lama kelamaan jadinya anytime and everytime mau pagi, siang, sore malem, dini hari pun ayo aja asal masih melek hahahaha.

    Drama dalam rombel pun terjadi, KI tanpa drama itu hambar chuy wkwkwk. Tapi sedrama apapun kalo kena rombel kita mah libas abis, pasti yang bikin drama kena drama juga hahahha.

    Semakin mendekati hari H bukannya makin hectic tapi makin gila.

    Briefing pun dilaksanakan H-1 tepatnya tanggal 30 Maret 2018, semua relawan di grup sudah mulai koordinasi dong dengan fasil untuk akomodasi dll. Dan aku sendiri hectic gara-gara bus yang kunaikin jalannya lelet setengah mati hiks ☹ telat dating dan gak ikutan briefing tapi untungnya gak ditinggalin dong hehe

    Istimewanya KI kali ini adalah, kita dijemput oleh kepala sekolahnya langsung lho dan disetirin juga sama kepseknya…ya allah, kita gak durhaka kan ya? Tapi seriusan pihak sekolah ini respect banget.

    Badan sudah mulai lelah akibat dilempat kesana kemari sama bus yang kunaiki, ketika sudah sampai di meeting point aku mulai lega dong ya, dalam hati berkata “Alhamdulillah, sudah sampek”. Eeh ternyata masih harus melakukan perjalan ke sekolah yang masih membutuhkan waktu 1 jam ☹

    MI Muhammadiyah Dukuh adalah lokasi yang akan kita tuju, berada di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Selama diperjalanan mendekati lokasi disinilah letaknya saya harus banyak-banyak baca shalawat, bagaimana tidak? Medannya chuuuyyy, aduhai sekali. Jalan menanjak dan berbelok bagaikan lagunya Tayo hahaha. Kanan kiri jurang, sungguh perjalan KI yang paling ekstrem nih.
    And finally, kita sampai disekolah dan ketika melihat layar handphone. OMG, gaada signal satu pun ☹ untung waktu dibawah masih bisa ngabarin orang rumah hehehe. Satu per satu semuanya mulai terkumpul.

    Dan ini juga istimewanya rombel kita, after sholat maghrib selesai Kepala sekolah dan penjaga sekolah balik ke sekolah lagi dengan membawa sesuatu, kalian tau apa yang mereka bawa? Bantal dan guling lhooo, ini baru KI pertama aku disediain bantal guling buat tidur hahahaha…istimewa kan?

    Nasi Geggok kesukaanku menjadi pembuka malam kita *tsaaah. After makan malam, kita mulai briefing untung persiapan esok pagi. Dan lagi lagi aku diminta jadi instruktur flashmob dong huhuhu, tapi kali ini gak sendirian kok, untung ada Kak Dian yang siap menemaniku. Malam itu kita mulai latihan Goyang Maumere bersama-sama hingga semuanya lelah dan harus mengistirahatkan badannya demi semangat untuk adik-adik MIM Dukuh.

    Suara kokok ayam mulai terdengar, menandakan pagi sudah mulai tiba. Satu per satu relawan menyiapkan diri. Satu per satu murid-murid pun mulai berdatangan.

    Tepat pukul 07.00 Apel pagi dimulai, kita memperkenal diri supaya mereka gak takut dengan kita hehehe…pagi ini kita mulai dengan Goyang Maumere, eh ternyata mereka antusias sekali dan minta di goyang lagi. Sudah 2x kita goyang, masih minta lagi…sudah ya dek, kakaknya yang sudah gak kuat hahahaha.

    Mulai memasuki kelas, ternyata ada yang berbeda. Apakah itu? Kebiasaan mereka setiap pagi adalah Mengaji bersama. Dengarnya tuh jadi adeeeemmm banget.

    Sesi 1 dimulai, semua relawan mulai memasuki kelas masing-masing untuk memberikan inspirasi mereka melalui profesinya.
    Ketika jam istirahat, kita bermain-main dengan adik-adiknya. Kita juga membuat permainan tradisional salah satunya Ular Tangga. Ditengah permainan ada relawan pengajar yaitu Kak Dendit yang niat banget bawa Gitar dan Bass buat ngehibur adik-adik, guru, dan kita juga pastinya hehehe

    Lanjut sesi 2 dan sesi 3 ya, masuk kelas lagiiiiii.

    Di sesi 3 ini juga pastinya kita melakukan closing, ngereview lagi mengenai cita-cita mereka. Memang berbagai macam sih, yang pasti kita tau dokter, polisi, tentara itu masih ada diantaranya ☺

    Closing ceremony, rombel MIM Dukuh ini adalah rombel ter-ter menurutku. Ter-Kreatif lebih tepat kuungkapkan buat mereka. Kenapa ter-Kreatif? Ya gimana gak kreatif, untuk closing ceremony aja kita berhasil mengajak adik-adik serta guru-gurunya untuk kumpul di lapangan dibawah terik matahari untuk menyanyi bersama. Dan ini adalah pengalaman closing ceremony pertama yang aku lakukan dengan sangat keren.

    Banyak pengalaman yang aku dapat dari kegiatan kali ini. kerjasama, kekeluargaan, kreatifitas, kenyamanan semua bisa aku temukan. Dan KI Trenggalek 4 tidak akan aku lupakan, karena after kegiatan ini aku bisa menemukan sesuatu yang sudah ditunggu sejak lama ☺
    Terima kasih mas Rangga, Mbak Habibah, dan mbak Yeni yang sudah memfasilitasi kegiatan ini.Terima kasih Mbak Daniar (Apoteker), Mbak Dian (Quality Control), Mas Dendit (Insinyur), Mbak Bariroh (SPV)), Mas Rifqi (instruktur Desain),Mbak Fitria (Kaprodi Ekonomi Syariah). Terima kasih juga aku ucapkan untuk para dokumentator Mas Zakariya, Mbak Tantri, Mbak Dita, Mbak Salma, Mas Romi dan Mas Rizal. Kalian semua LUAR BIASA dan kalian semua ISTIMEWA.

    Semoga silaturahmi kita tetap berjalan, dan kita segera dipertemukan di Back To School yang akan datang.

    Big LOVE

    Rini

  • Pendaftaran Relawan Kelas Inspirasi Trenggalek #5

    ADDRESS

    -8.049036, 111.709201

    EMAIL

    inspirasi.trenggalek@gmail.com

    MOBILE

    April 0856 0460 0024,
    Jihan 0856 4915 9822